jump to navigation

Pemikiran: Solusi Rumit VS Solusi Praktis. May 2, 2007

Posted by bookrey in Opini.
trackback

 Anda tentu sudah sering menghadapai masalah bukan?? Nah menurut anda solusi anda termasuk praktis atau rumit?

MIB. Anda tentu sudah pernah menonton film ini, kalau nggak salah dibintangi Edie Murphy. Diceritakan MIB ingin merekrut agen baru. Tentu MIB mencari yg terbaik. Ada calon-calon terbaik dari Angkatan Udara, Marinir, dan banyak orang-orang hebat dari kesatuanya. Dan tentu saja Si Eddie Murphy dari NYPD (kurang tahu apakah dia yang terbaik disana? hahahhaha).Dilakukanlah tes.Sebelumnya perkenalan dulu , masing2 calon membanggakan dirinya sendiri sebagai yg terbaik di kesatuannya, dengan nilai hampir sempurna, dll.

Test pertama kita sebut aja tes tertulis.Si EM(Eddie Murphy) bertanya sebenarnya apa tujuan dari test ini?????. Lalu ada Pilot menjawab dengan bangga, “untuk mencari “The Best Of The Best, SIR”. Si EM cuman ketawa(sendirian) lalu bilang, sebenarnya kamu tuh nggak tahu apa2. The best of the best sir hahahahahahah😀. Yang lain cuman nglihatin si EM ketawa sendirian. ckakakka. Ternyata disitu orang2 serius semua .Test tertulis, mereka mulai mengerjakan soal-soal ditempat yg disediakan.(duduk di tempat duduk berbentuk telur). Semua orang kesulitan mengerjakan soal ditempat yang kaya gitu. TRUS?? nah disinilah si HErO berulah, si EM segera mencari solusi, dia menarik sebuah meja kecil yang berada ditengah ruangan (dg bunyi yg menarik perhatian orang :D) lalu kmd dengan tenang mengerjakan soalllllllllllll.  hahaha. (SATU POINT UNTUK SI HERO). kisah selanjutnya lihat aja filmnya.

Itulah solusi rumit vs Sederhana .atau mungkin bisa juga disebut ASYMETRIC SOLUTION (maksa ya??) ckakakkakk. Makanya jangan takut berpikir asimetris.

CERITA LAIN:

Pada sebuah perusahaan sabun ternama di jepang pada suatu hari digemparkan oleh sebuah komplain dari salah satu pelanggannya yang mendapati ternyata ada beberapa kotak sabun yang tidak ada isinya

Sang general manager langsung berang dan memerintahkan untuk mengusut kasus tersebut setelah di usut-usut ternyata mesin quality controlnya bermasalah dan perlu regenerasi dengan mesin yang lebih baru dan canggih lagi

Segera disusun budget untuk melakukan penelitian dan pembelian sebuah mesin baru yang lebih canggih. Ternyata budget tersebut sangat besar yang memakan biaya sampai jutaan Yen. Sehingga akhirnya ada satu karyawan yang punya ide sederhana untuk mengatasi masalah tersebut

Idenya adalah dengan menempatkan kipas angin pada roda berjalan produksi sabun. Cara kerjanya jika kardus tersebut kosong maka otomatis akan terbang tertiup angin dari kipas tersebut.

 

Salah satu penemuan brillian pemerintah Amerika adalah penemuan sebuah bollpoint khusus yang menggunakan bahan crystal bermutu tinggi dengan bahan kimia tertentu sebagai tintanya.

Penemuan ini berasal dari masalah badan antariksa nasional Amerika ( NASA ) yang kesulitan dalam mencatat hasil kerja para astronaut di luar angkasa
sana . Mereka mendapati kenyataan bahwa bollpoint yang mereka bawa dari bumi tidak bisa di gunakan dalam kondisi tanpa gravitasi.

Segera tim NASA meminta anggaran khusus untuk melakukan penelitian terhadap ballpoint ini. Penelitian ini memakan waktu hingga 12 tahun dan menghabiskan dana milyaran dollar sebelum akhirnya tercipta bollpoint canggih tersebut.

Tahukah anda apa yang dilakukan para astronaut dari
Russia ? Mereka hanya menggunakan sebatang pensil😀

 

sekian semoga sukses selalu. cyiao

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: